Sistem Kalender Islam, Materi Pengajian Ranup Lampuan Di Tainan

Kemarin saya dan beberapa teman Aceh lain mengadakan pengajian di Tainan. Sekaligus acara silaturahmi dan makan-makan. Pengajian dibuat dalam dua sesi. Sesi pertama bertemakan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar yang diisi oleh Pak Tri dan sesi kedua adalah Sistem Penanggalan Hijriah yang disampaikan oleh saya sendiri.

Dalam membahas tentang Sistem Penanggalan Hijriah, saya mengawali dengan mennjelaskan tentang orbit bumi dan bulan, yang pada akhirnya berujung pada penjelasan tentang ijtimak atau konjungsi.

Saya menekankan pada penjelasan ijtimak ini karena ini merupakan titik balik pergantian dari hilal tua ke hilal muda. Hilal tua terbentuk sebelum ijtimak dan hilal muda terbentuk setelah ijtimak. Setelah menjelaskan apa itu ijtimak, maka penjelasan berlanjut ke beberapa kriteria awal bulan yang dipakai di Indonesia, baik Wujudul Hilal maupun Imkan Rukyat 2º. Untuk berikutnya dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Dari sesi tanya jawab itu saya sadar ternyata teman-teman memiliki segudang pertanyaan terkait Ilmu Falak ini. Mulai dari awal bulan, sistem rukyat, sampai dengan angka-angka yang ada pada jadwal imsakiyah, Semua menghujaniku kemarin sore.

Sebagai contoh di sini saya kutip dua pertanyaan dari teman-teman dan sekaligus jawaban saya.

1. Pak, Waktu imsak itu sebenarnya untuk apa..? Bukankah waktu makan sahur itu sampai waktu Shubuh..?

Jawaban:

Perlu diketahui bahwa waktu imsak yang mashur sekarang adalah waktu Shubuh dikurang 10 menit. Sebenarnya nilai itu tidak tetap karena ada juga ulama Falak menetap 15 menit sebelum Shubuh.

Sebenarnya waktu imsak itu berangkat dari sebuah hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ قَالَ: تَسَحَّرْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ثُمَّ قُمْنَا إلَى الصَّلَاةِ» ، وَكَانَ قَدْرُ مَا بَيْنَهُمَا خَمْسِينَ آيَةً

Artinya:

Zaid Bin Tsabit Berkata: Kami bersahur bersama Rasulullah SAW kemudian kami mendirikan shalat, dan ukuran waktu antara shahur dan shalat tadi adalah waktu yang dibutuhkan untuk membaca 50 ayat. (Sumber: Syarah Muhalli ‘Ala Minhaj)

Dari hadist tersebutlah diambil kesimpulan bahwa waktu imsak itu adalah sebelum masuk waktu shubuh dengan kadar waktu yang dibutuhkan untuk membaca 50 ayat Alqur’an. 50 ayat inilah yang kemudian diterjemah menjadi 10 menit atau 15 menit.

Tetapi karena ada hadist lain yang menyatakan bahwa waktu imsak adalah waktu shubuh, maka saya menyarankan kepada rekan-rekan di pengajain kemarin sebagai berikut:

  1. Jika waktu tidak kepepet maka sebaiknya berhentilah makan ketika waktu imsak datang, karena memang rasulullah tidak makan dan minum lagi kadar 50 ayat sebelum shubuh sebagaimana hadist di atas.
  2. Kalau telat terbangun shahur dan sudah kepepet maka teruskan makan sampai waktu Shubuh datang. Tetapi perlu diingat bahwa waktu shubuh yang di imsakiyah sudah ditambah 2 menit dari waktu sebenarnya, ini adalah sebagai pengaman (ikhtiyath). Jadi benar-benar berhentilah makan 2 menit sebelum waktu shubuh yang tertera di imsakiyah.

2. Pak. Kenapa sekarang terasa hari-hari berjalan cepat sekali…?

Jawaban saya:

Itu hanya efek psikologis. Mungkin karena terlalu sibuk sehingga tidak terasa waktu berjalan.

Memang bumi ada mengalami perlambatan rotasi akibat daya tarik bulan, tetapi ternyata secara alami rotasi bumi akan terkoreksi sendiri dengan aktifitas pergeseran lempengnya. Tentang ini lebih luas bisa dibaca di tulisan guru saya Bapak Thomas Djamaluddin (Ketua LAPAN Sekarang). Untuk membacanya silakan klik di sini.

Sebenarnya masih banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang lain, tetapi secara garis besar sudah terjawab dengan tulisan saya sebelumnya.

About Usman Blangjruen

Dosen Teknik Mesin Politeknik Negeri Lhokseumawe
This entry was posted in Ilmu Falak and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s