Tanggal 21 Mei 2012, Gerhana Matahari Cincin Melewati Indonesia

Sebagai penikmat benda-benda langit kelihatannya aku memang tidak kehabisan akal untuk selalu meng-update  isi blog ini.  Soalnya peristiwa syzygy antara matahari, bulan, dan bumi terjadi lagi pada tanggal 21 Mei 2012. Syzygy adalah kejadian dimana tiga benda langit berada pada satu garis “lurus”, dalam hal ini adalah matahari, bulan dan bumi.

Gerhana matahari cincin, inilah yang terjadi pada tanggal 21 Mei 2012 ini. Gerhana ini terjadi dalam rangka ijtimak/konjungsi awal bulan Rajab 1433 H. Gerhana matahari cincin ini hanya bisa disaksikan di Indonesia bagian tengah dan timur, mulai dari sebagian pulau Kalimantan, Sulawesi, sampai Papua.

Untuk wilayah Indonesia gerhana ini terjadi di waktu pagi, yaitu ketika matahari masih belum begitu tinggi dari ufuk timur. Untuk Manado ketinggian matahari sekitar 6º di atas ufuk timur. Untuk Jayapura ketinggian matahari sudah lumayan tinggi, yaitu 16º.

Walaupun yang terjadi adalah gerhana matahari cincin tetapi untuk Indonesia kita hanya dapat melihatnya dalam bentuk gerhana matahari sebagian. Kalau kita ingin melihat gerhana ini dalam bentuk aslinya kita harus berada di seputar pantai Cina, Jepang bagian selatan, Amerika bagian barat, dan Kanada. Kota-kota yang dilalui oleh pusat gerhana ini adalah Guangzhou China, Tokyo Jepang, Albuquerque Amerika Serikat, dan Taipe Taiwan.

(Gerhana matahari cincin 21 Mei 2012 terlihat dari kota Guangzhou China Jam 6:12 CST. Modeling Stellarium)

(Gerhana matahari cincin 21 Mei 2012 terlihat dari kota Tokushima Jepang Jam 7:31 JST. Modeling Stellarium)

(Gerhana matahari cincin 20 Mei 2012 terlihat dari kota Albuquerque Amerika Serikat Jam 19:37 MDT. Modeling Stellarium)

(Gerhana matahari cincin 21 Mei 2012 terlihat dari kota Taipe Taiwan Jam 6:13 CST. Modeling Stellarium)

Sedangkan untuk daerah Indonesia hanya terlihat sebagai gerhana parsial. Seperti gambar-gambar di bawah ini:

(Gerhana matahari cincin 21 Mei 2012 terlihat dari kota Manado Indonesia Jam 5:57 WITA. Modeling Stellarium)

(Gerhana matahari cincin 21 Mei 2012 terlihat dari kota Jayapura Indonesia Jam 6:47 WIT. Modeling Stellarium)

Sayang sekali untuk pulau Jawa dan Sumatera, termasuk Aceh, tidak dapat melihat gerhana matahari cincin ini. Bagi pencinta benda langit yang berada di Manado harus memanfaatkan kesempatan yang sangat menarik ini. Kami tunggu hasil jepretan fotonya.🙂

Kenapa Gerhana Matahari Cincin?

Gerhana matahari cincin terjadi ketika piringan bulan lebih kecil dari piringan matahari sehingga waktu terjadi gerhana, piringan matahari tidak habis tertutup oleh bulan. Seandainya piringan bulan sama atau lebih besar dari piringan matahari maka gerhana matahari total akan terjadi.

Perubahan besarnya piringan bulan tergantung pada jaraknya terhadap bumi. Makin jauh posisinya dari bumi maka piringannya akan terlihat mengecil, sebaliknya semakin dekat dengan bumi maka piringannya akan terlihat membesar.

Ketika bulan berada pada titik terdekatnya dengan bumi maka kita akan melihat piringan bulan akan lebih besar dari matahari, sehingga jika terjadi gerhana matahari pada saat ini maka yang terjadi adalah gerhana matahari total. Sebaliknya jika bulan berada pada titik terjauh dengan bumi maka kita akan melihat piringan bulan lebih kecil dari matahari, sehingga jika gerhana matahari terjadi pada saat ini maka yang terjadi adalah gerhana matahari cincin.

Ketika gerhana matahari cincin terjadi, jika kita mengamati di luar angkasa sana maka kita akan melihat bayangan umbra dari bulan tidak sampai ke permukaan bumi. Hal ini diakibatkan oleh posisi bulan yang terlalu jauh untuk bayangan umbra agar mencapai permukaan bumi. Sehingga walaupun bulan melintasi di tengah-tengah piringan matahari, kita tetap masih bisa melihat pinggir dari piringan matahari. Bentuknya persis seperti cincin.

(Bayangan umbra bulan tidak mencapai bumi pada gerhana matahari cincin. Sumber: http://www.mreclipse.com)

Gerhana matahari cincin tanggal 21 Mei 2012 ini terjadi mulai pukul 3:56:07 WIB. Puncak gerhana terjadi pada  pukul 6:53:54 WIB. Gerhana berakhir pada pukul 9:49:21 WIB.

Semoga saja cuaca di Indonesia wilayah tengah dan timur cerah pada tanggal 21 Mei nanti. Sehingga kita bisa mendapat sharing  hasil pengamatan dari teman-teman di sana. Amin

Salam astronomi,
Usman Blangjruen
Himpunan Astronom Amatir Aceh (HA3)🙂
 

About Usman Blangjruen

Dosen Teknik Mesin Politeknik Negeri Lhokseumawe
This entry was posted in Ilmu Falak. Bookmark the permalink.

4 Responses to Tanggal 21 Mei 2012, Gerhana Matahari Cincin Melewati Indonesia

  1. nela says:

    sayang sekali, pulau jawa ga bisa melihat

  2. Khoiri says:

    Bukannya di Amerika masih tanggal 20 Mei mas ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s