Transit Venus Akan Terjadi Pada Tanggal 6 Juni 2012

Beberapa hari ini ada kabar baru lagi untuk para penikmat langit. Transit Venus, ini lah fenomena langit yang akan kita saksikan dalam satu bulan ke depan.

Transit Venus, fenomena ini sebenarnya hampir sama dengan gerhana matahari. Jika pada gerhana matahari bulan terlihat melintasi di depan matahari, maka untuk peristiwa ini yang melintas di depan matahari adalah planet Venus. Prosesnya sama tetapi pelakunya beda.

Terus kenapa disebut dengan transit kalau proses terjadinya sama dengan gerhana matahari?. Jawabannya tentu karena planet Venus hanya terlihat sangat kecil ketika sedang melintas di depan matahari. Berbeda dengan bulan yang kadang-kadang mampu menutupi seluruh permukaan matahari ketika gerhana matahari total terjadi.

Hal ini bukan karena ukuran bulan lebih besar dari planet Venus. Ukuran planet Venus sedikit lebih kecil dari bumi, yaitu 0.815 massa bumi. Jadi dibandingkan dengan bumi planet Venus ini sedikit lebih kecil. Sedangkan bulan hanya sebagai satelit bumi yang jauh lebih kecil dari Venus dan Bumi itu sendiri.

(Dari kiri ke kanan: Markurius, Venus, Bumi, dan Mars. Terlihat ukuran Bumi dan Venus hampir sama. Sumber: http://id.wikipedia.org)

Bulan kadang-kadang mampu menutupi seluruh permukaan matahari karena posisinya yang lumayan dekat dengan bumi, yaitu rata-rata 381500 km. Sedangkan Venus berjarak 223 juta kilometer dari bumi. Itulah yang mengakibatkan planet Venus ketika melewati di depan matahari terlihat kecil. Jadi ketika kita melihat peristiwa transit Venus ini, kita hanya akan mengamati ada noktah hitam kecil  pada permukaan matahari.

(Dari kiri ke kanan: Bumi, Bulan. Terlihat bulan jauh lebih kecil dari Bumi. Sumber: http://www.universetoday.com)

Sama seperti konsep gerhana matahari, transit Venus ini merupakan hasil dari segarisnya posisi tiga benda langit, kejadian ini dalam astronomi dikenal dengan syzygy. Kalau gerhana matahari terjadi karena Matahari, Bulan, dan Bumi berada pada satu garis lurus, maka transit Venus terjadi karena Matahari, Venus, dan Bumi berada pada satu garis lurus.

(Transit Venus terjadi ketika Matahari, Venus, dan Bumi Berada pada satu garis lurus. Sumber: http://en.wikipedia.org dengan sedikit tambahan)

Menurut hitungan astronomi (Ilmu Falak) transit Venus akan terjadi pada tahun ini. Tepatnya pada tanggal 6 Juni 2012. Transit akan mulai terjadi pada pukul 5:09 WIB dan puncaknya terjadi pada pukul 8:29 WIB. Transit akan selesai dengan keluarnya Venus dari permukaan matahari, yaitu pada pukul 11:49 WIB.

Penduduk bumi yang dapat menikmati fenomena langit ini adalah yang dapat melihat matahari pada jam 5:09 sampai 11:49 WIB. Jadi untuk belahan bumi yang ketika waktu itu sedang malam maka dengan sangat disayangkan tidak dapat menikmati fenomena langka ini. Mungkin bila perlu mereka hijrah saja ke Indonesia pada tanggal 6 Juni 2012.😀

Untuk wilayah Aceh, khususnya Lhokseumawe, fenomena ini baru bisa disaksikan mulai pukul 6:41 WIB, karena matahari baru keluar pada waktu itu untuk Lhokseumawe dan sekitarnya. Mungkin 45 menit setelah matahari terbit baru mudah disaksikan.

 

(Planet Venus terlihat di permukaan matahari pada tanggal 6 Juni 2012 pukul 8:29 WIB dari Kota Lhokseumawe, Aceh. Modeling dengan Stellarium)

Cara Mengamati Transit Venus

Untuk mengamati transit Venus ini caranya sama dengan mengamati gerhana matahari yaitu dengan menggunakan filter (pelindung mata). Kita tidak bisa mengamati transit Venus dengan mata telanjang karena sinar matahari dapat merusak retina mata. Filter yang aman dan mudah didapat adalah kaca pelindung mata tukang las yang nomor shade-nya 14. Atau boleh juga menggunakan film photo hitam putih yang dilipat dua. Jangan menggunakan negatif film yang sudah ada photo di dalamnya karena itu sudah tidak aman lagi sebagai filter cahaya.

(Kaca pelindung las dengan nomor shade 14 aman digunakan untuk mengamati transit Venus. Sumber: http://old.transitofvenus.org)

Kadang-kadang kepingan floppy disk juga bisa digunakan sebagai filter cahaya. Caranya floppy disk dibongkar dan ambil disk-nya untuk filter. Untuk menguji filter dari floppy disk ini, tolong gunakan dulu untuk melihat sesuatu pada cahaya kamar. Jika masih bisa terlihat maka jangan digunakan untuk melihat matahari, karena ini berarti filternya masih terlalu tipis.

(Bongkaran floppy disk untuk filter cahaya matahari. Sumber: scienceblog.com)

Sebaiknya kita jangan melewatkan fenomena transit Venus ini. Karena ini adalah transit Venus terakhir yang dapat kita amati seumur hidup. Transit Venus selanjutnya baru akan terjadi 105 tahun lagi, yaitu pada tanggal 11 Desember 2117.

Maka jangan lewatkan. Selamat menyaksikan….🙂

Salam astronomi,
Usman Blangjruen
Himpunan Astronom Amatir Aceh (HA3)🙂

About Usman Blangjruen

Dosen Teknik Mesin Politeknik Negeri Lhokseumawe
This entry was posted in Ilmu Falak. Bookmark the permalink.

2 Responses to Transit Venus Akan Terjadi Pada Tanggal 6 Juni 2012

  1. nafidh says:

    semoga bisaaa n gag telattt

  2. apriyanti says:

    excited😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s