Shalat Jamak-Qashar Di Masjid As-Salam Solo

Tadi siang kami berangkat ke Solo untuk menghadiri Solar Astrophotography Short Course di Pesantren Terpadu PPMI As-Salam Surakarta, Solo Jawa Tengah. Kami semua berjumlah lima orang dari Jogjakarta Astro Club (JAC). Karena ada sesuatu hal, kami baru bisa berangkat jam 11:15 WIB dari Jogjakarta sehingga ketika waktu Zhuhur masih dalam perjalanan.

(Kru Astrophotography baru turun dari observatorium. Dari kiri ke kanan: Pak AR Sugeng Riyadi, Danang , Agung, Saya, Pak Mutoha, dan Rayhan. Sumber: Fesbuk Pakar Fisika)

Kami berangkat dengan mengendarai si Doyok, nama sebutan untuk mobil kesayangan Pak Mutoha Arkanuddin. Sampai di PPMI As-Salam sekitar jam 13:15 WIB. Setelah menunggu Pak AR Sugeng Riyadi kemudian kami langsung ke Masjid yang ada di pesantren tersebut untuk menunaikan shalat.

Karena panjang dan maksud perjalanan kami sudah memenuhi syarat untuk jamak dan qashar shalat maka kami sepakat untuk menjamak dan menqashar shalat. Dan kamipun melaksanakan shalat jamak, yaitu shalat Ashar pada waktu Zhuhur sekaligus mengqasharnya.

Shalat jamaah kami berlangsung nyaman dan khusyuk karena kondisi sudah agak sepi  sebab siswa sudah banyak keluar dari masjid untuk belajar lagi. Cuma di podium sebelah kiri kami masih ada Syaikh Mahrus. Beliau masih duduk di podium. Mungkin baru saja selesai ceramah untuk para siswa sebelum kami masuk ke masjid.

Syaikh Mahrus ini berasal dari Mesir yang ditugaskan oleh Kedutaan untuk mengajar di pesantren tersebut. Beliau belum bisa berbahasa Indonesia. Sehingga semua komunikasi disampaikan dalam bahasa Arab.

Kami melakukan shalat Zhuhur dua rakaat kemudian salam dan dilanjutkan dengan Ashar dua rakaat kemudian salam lagi. Setelah selesai shalat kami langsung didekati sama Syaikh Mahrus tadi. Dia mengucapkan salam kemudian mengucapkan ahlan wasahlan.

Setelah kami salam-salaman. Dengan menggunakan bahasa Arab, Beliau menanyakan apakah kami tadi melaksanakan shalat jamak dan qashar. Kebetulan diantara kami saya agak sedikit bisa berbahasa Arab.😀 . Sehingga saya menjawab:”Naam Syaikh, Jam’u wal Qashr” (iya Syaikh, jamak dan qashar. red). Kemudian dia menjelaskan dengan dialek Bahasa Arab yang agak lumayan cepat tetapi secara garis besar saya bisa menangkap nasehat dia bahwa:

“Kalau shalat jamak harus mengumandangkan Iqamat pada kedua-dua shalat, yaitu Iqamat kemudian Shalat Zhuhur kemudian Iqamat lagi kemudian Shalat Ashar”

Ternyata Beliau dari tadi memperhatikan kami shalat.😀 . Kami shalat berjamaah yang dipimpin oleh Pak Mutoha Arkanuddin, Si Bigbos kami di JAC. Sebenarnya Pak Mutoha telah mengumandangkan iqamah untuk setiap shalat seperti yang beliau anjurkan. Cuma mungkin karena suaranya kecil jadi tidak terdengar.

Setelah kami cerita bahwa kami sudah melakukannya kemudian percakapan kami berlanjut ke hal lain. Dia menanyakan tentang ada acara apa di sini dan dari mana kami  datang. dan pertanyaanpun saya jawab dengan bahasa Arab yang singkat dan pas-pasan. karena cuma itu yang aku bisa.😀

Secara pribadi saya terus terang baru tahu kalau Iqamah untuk shalat jamak harus dilakukan dua kali. Ini adalah ilmu baru bagiku hari ini. Hal ini membuktikan bahwa ilmu agamaku ternyata masih kurang juga.😦

Akhirnya terimakasih buat Syaikh atas nasihatnya semoga kalau saya ke pesantren As-Salam kita bisa ketemu lagi. Kepingin juga praktek bahasa Arab sekali-sekali.😀

About Usman Blangjruen

Dosen Teknik Mesin Politeknik Negeri Lhokseumawe
This entry was posted in Agama Islam. Bookmark the permalink.

One Response to Shalat Jamak-Qashar Di Masjid As-Salam Solo

  1. anita says:

    pdhl sy ud mlakukan solat jamak qosor bjamaah dg imam yg pke tata cara tsb, tp knp saat solat munfarid ga sy lakukan iqomah yaa… kini katau… syukron jaziilan lakum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s