Ternyata Gempa Aceh 11 April 2012 Kemarin Tidak Terjadi Pada Zona Penunjaman

Tadi ketika ngecek beranda fesbuk ada status yang menarik dari temanku di BMKG. Dia bilang bahwa gempa di aceh tanggal 11 April 2012 kemarin termasuk gempa besar dan unik. Jenis gempanya diberi nama gempa outer rise. 

Jadi bingung. Apa bedanya ya?. Setelah beberapa menit berselancar di google akhirnya aku dapat jawabannya. Ternyata gempa outer rise itu merupakan gempa yang tidak terjadi pada zona penunjaman (subduction zone). Zona penunjaman adalah tempat dimana lempeng bumi saling bertabrakan dan menunjam (subduction).

(Sumber: http://walrus.wr.usgs.gov/tsunami/samoa09/)

Lempeng-lempeng bumi kita ternyata setiap saat bergerak terus relatif satu dengan  lainnya. Ketika dua lempeng bumi bertemu ternyata ada yang nyosor ke bawah dan ada ke atas. Yang ke atas diberinama lempeng overiding sedangkan yang ke bawah disebut dengan lempeng subductingGa usah mikir apa arti dari overiding dan subducting, bikin bingung aja. Yang penting kita dah ngerti istilah untuk lempeng bumi pada zona pertemuan antar dua lempeng (subduction zone).

Sekarang aku bisa membayangkan dengan modal ilmu Tribologi-ku tentang apa yang terjadi jika dua buah lempeng saling bergesekan.Permukaan lempeng yang begesekan itu kan ga licin. Sehingga banyak hambatan terhadap gerakan relatif antara dua lempeng. Sementara lempeng tetap terus bergerak. Ketika tertahan maka di situlah akan terjadi penumpukan energi potensial.

Untuk memahami mekanismenya aku membayangkan seperti pegas yang kita dorong di tanah kemudian tertahan oleh batu kecil. Kemudian pegas terus kita dorong sampai lepas. Kita tentu bisa merasakan bagaimana sentakan pegas ketika lepas dari batu kecil tadi. Kira-kira mungkin kaya gitu ya proses terjadinya gempa.

Untuk jelasnya silakan melihat dua animasi yang sangat fantastik berikut:

Cerita di atas adalah mengenai gempa yang terjadi pada umumnya, yaitu terjadi pada zona pertemuan antara dua lempeng tektonik (subduction zone). Sedangkan yang terjadi di Aceh pada Tanggal 11 April 2012 kemarin adalah sungguh berbeda. Gempa tersebut justru terjadi di luar zona pertemuan antar lempeng itu.

Gempa tersebut terjadi karena lempeng yang nyosor ke bawah (subducting plate) patah karena tidak sanggup menahan tegangan bengkok yang terjadi ketika lempeng tersebut masuk ke bawah lempeng overriding. Mungkin gara-gara ini maka jenis gempa tersebut dinamai gempa outer-rise. Soalnya terjadinya diluar zona penunjaman.

Walaupun jarang, gempa outer-rise bisa menghasilkan Tsunami asal saja geseran patahannya terjadi dalam arah vertikal. Untung saja yang terjadi di Aceh kemarin geserannya dalam arah horizontal. Sehingga aman dari Tsunami.

Menurut laporang USGS gempa semacam ini pernah terjadi di beberapa tempat. Seperti gempa yang menghasilkan Tsunami Sanriku pada tahun 1933, gempa dengan magnitud 8.6 SR ini mengakibatkan 3000 orang tewas di Jepang dan memporak-porandakan pulau Hawai. Kemudian gempa 8.2-83 SR di Sumba Indonesia pada tahun 1977 yang merenggut 189 nyawa. Gempa Samoa yang menewaskan 129 orang. Semua gempa-gempa ini adalah berjenis outer-rise. Ternyata killer juga jenis gempa ini..

(Sumber: Fesbuk Kang Daryono Sutopawiro)

Dari informasi hasil pencarian saya di atas, Kira-kira kita dapat mengambil kesimpulan bahwa ketika gempa terjadi dan sudah ada peringatan dari pihak terkait tentang adanya potensi Tsunami maka menjauhlah dari pantai dan cari tempat yang tinggi. Jangan coba-caba untuk mengecek sendiri Tsunami ke pinggir pantai. Karena kita sudah bayar mahal gaji orang yang berhak memantau gempa dan tsunami. Jadi biar mereka aja yang kerja. Kita istirahat aja dulu ke puncak bukit sambil menunggu peringatan tsunami diakhiri. hehehehehehe

About Usman Blangjruen

Dosen Teknik Mesin Politeknik Negeri Lhokseumawe
This entry was posted in Kebumian. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s