Komputer Mati Mendadak Tapi Powernya Hidup

Kemaren sore aku sempat panik karena komputer kesayanganku tiba-tiba mati. Awalnya mouse dan keyboard kaya ga kedetek gitu, gambar di monitor pecah-pecah jadi kotak-kotak kaya bajunya Kang “Jokowi-Ahok”.hehehehe. Tapi anehnya power ama kipas hidup.

Berharap kondisi bisa kembali baik akhirnya komputer saya restart, ternyata malah tambah parah, monitor ga hidup sama sekali, waduh tambah panik. Jadi mikir macam-macam soalnya kerjaan tesisku ga aku back-up ke komputer lain, terus master software Metode Elemen Hingga juga tidak ku-back-up, mana susah banget dapatin ni software.:-(

Awalnya sempat mikir ini mungkin gara-gara TV Tunner yang baru dua hari ini saya pasang ke komputerku. Coba-coba deh, TV tunnner saya cabut, ternyata sama aja komputernya ga nyala. Gimana lagi ya..? pengetahuan komputerku cetek alias dangkal. Ga ada cara lain selain bawa ke tukang sevis komputer. Tapi pas hari minggu..T_T.. hadeewh….! ampun deh. Tukang service tutup. Bisa bubar ni tesis, soalnya senin harus konsultasi ke dosen pembimbing.

Di tengah kepanikan teringat ada teman di Markas JAC (Jogja Astro Clup), mereka tu pada pinter-pinter komputer apalagi si Bigbosnya JAC, Bapak Mutoha Arkanuddin. Akhirnya komputer kubawa kesana. Sampai di Markas ternyata pak Toha ga sendiri, di sana ada teman baik saya, bocahe dah kaya adekku gitu, namanya Eko Hadi G. Orangnya ya suka ngerjain dan suka ngejahilin. Pas dia liat aku bawa CPU malah dia ngomong;” Ngapain kamu bawak bangkai ke sini mas”.hehehehe. Tapi ga apa apa, orang nya baik kok. Dia langsung membuka CPU komputerku.

Aku cerita kronologi kejadian yang menimpa komputer kesayanganku itu. Malah pak Mutoha nanggapinya santai aja. ternyata dia dah sering dapat kasus-kasus kaya gitu. Wong dia tiap hari menghadapi 3 komputer di kantornya yang sering ngadat. Dia bilang paling memorinya dicabut trus dibersihin. Yang dibersihin adalah konektor tembaganya, saya ga tau apa benar itu istilahnya. Saya sebut kaya gitu karena memang terbuat dari lapisan tembaga yang fungsinya sebagai penghubung (konektor) ketika RAM dimasukkan ke slotnya. kayak gambar dibawah ini loh.

Sambil diarahkan ama pak Toha, pertama kabel Harddisnya dicabut dulu, katanya biar kita cek main boardnya dulu. Trus Ramnya dicabut dari slotnya. Kemudian konektor tembaganya dibersihin pakai penghapus pensil yang terbuat dari karet itu.

Ada-ada aja idenya ni Pak Toha.hehehehe. Tapi ternyata topcherrrr tu caranya. Ketika RAM ditamcepin lagi ke slotnya monitornya langsung hidup. Walaupun masih minta Cd… Cd apalah aku ga ngerti,,, tapi peringatan itu muncul hanya karena kabel hardis belum dipasang setelah dicopot tadi. Berarti sekarang dah jelas bahwa biang keladinya adalah konektor tembaga RAM yang kotor.

Setelah dipasang semua akhirnya komputerku hidup lagi,heheheheh senangnya bukan main, hampir aja aku tadi harus nambah dosis obat penenang.. terimaksih Adekku Eko Hadi G dan Si Bos, Pak Mutoha Arkanuddin.

About Usman Blangjruen

Dosen Teknik Mesin Politeknik Negeri Lhokseumawe
This entry was posted in Catatan Harian. Bookmark the permalink.

One Response to Komputer Mati Mendadak Tapi Powernya Hidup

  1. sangat menarik.. artikel yang bermanfaat !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s